Lomba Tahfidz Qur’an Permata: Sarana Membentuk Generasi Cinta Al-Qur’an

“Barangsiapa yang menghafal Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya mahkota pada hari kiamat.”

Siapa yang tidak kenal hadits tersebut? Bagi para penghafal qur’an tentu akan sangat ingat. Karena menjadi salah satu motivasi utama untuk bersungguh-sungguh menghafal al-Qur’an.

Oleh karena itu, untuk mendukung para penghafal qur’an serta menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah dan mulia, Yayasan Permata Mojokerto mengadakan lomba tahfidz qur’an untuk peserta jenjang SD hingga SMA yang diikuti 32 peserta dari berbagai sekolah di wilayah Jawa Timur.

Setiap jenjang mempunyai kategori hafalan yang berbeda. SD memperlombakan juz 29 dan 30 sedangkan untuk SMP dan SMA juz 1, 29 dan 30. Masing-masing peserta diberi alokasi waktu 5 menit.

Lomba Tahfidz dimulai dengan setiap peserta membaca awal juz sesuai permintaan juri, kemudian dilanjutkan menyambung ayat dari juri, dan tantangan terakhir adalah menyambung ayat dari juri sekaligus menebak surat.

Tangkapan Layar Salah Satu Peserta Lomba Tahfidz PAR Permata

Dalam lomba tahfidz tersebut, ada beberapa siswa yang menonjol, “Nurul kelas 6 MI Nurul Huda, Kafka kelas 9 SMPN 10 Surabaya (keduanya bacaannya bagus), Nusaibah kelas 2 SD IT Permata (adab tahfidznya bagus), Fathia kelas X MIPA MA Permata dapat menjawab semua pertanyaan dengan tepat” ungkap panitia.Panitia Permata Ansyithah Ramadhan (PAR) mengungkapkan bahwa dengan diadakannya kegiatan lomba Tahfidz dapat membentuk generasi yg mencintai dan mampu menjaga Al Qur’an dengan menghafalkannya baik di dalam lingkungan keluarga SIT Permata sekaligus di luar SIT Permata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
Instagram